Ruang Lingkup Bisnis
A.
Pengertian
Bisnis
Bisnis
adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang atau
organisasi yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan
jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan
memperoleh keuntungan melalui transaksi.
Istilah Bisnis pada umumnya ditekankan pada 3 hal yaitu:
Istilah Bisnis pada umumnya ditekankan pada 3 hal yaitu:
·
Usaha-usaha perorangan kecil-kecilan
dalam bidang barang dan jasa.
·
Usaha perusahaan besar seperti
pabrik,transport,perusahaan surat kabar,hotel dan sebagainya.
·
Usaha dalam bidang struktur ekonomi
suatu bangsa.
B.
Jenis
– jenis bisnis
1. Monopsoni
Monopsoni,
adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau
menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
Kondisi
Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan Industri Hewan Potong
(ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen.
Contohnya
: hanya ada satu perusahaan yang menangani kereta api di Indonesia yaitu, PT.KAI
2. Monopoli
Monopoli berasal dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual, jadi monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
Monopoli berasal dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual, jadi monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
Penentu
harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai
“monopolis”.
3. Oligopoli
adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga diantara pelaku usaha yang melakukan praktek oligopoli menjadi tidak ada.
adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga diantara pelaku usaha yang melakukan praktek oligopoli menjadi tidak ada.
Struktur
pasar oligopoli umumnya terbentuk pada industri-industri yang memilikicapital
intensive yang tinggi, seperti : industri semen, industri mobil, dan industri
kertas.
4. Oligopsoni
adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
C. Tujuan Kebijakan Bisnis
·
Melindungi usaha kecil dan menengah.
Kebijakan bisnis dibuat untuk melindungi usaha kecil dan menengah, karena mayoritas bisnis di Negara kita ini di dominasi oleh usaha-usaha menengah ke atas. Kebijakan ini berguna untuk mencegah usaha kecil tersingkir dan tidak mempunyai lahan atau wilayah berusaha. Padahal justru usaha kecil ini yang perlu dikembangkan sehingga bisa menjadi lebih besar dan mempunnyai daya saing.
Kebijakan bisnis dibuat untuk melindungi usaha kecil dan menengah, karena mayoritas bisnis di Negara kita ini di dominasi oleh usaha-usaha menengah ke atas. Kebijakan ini berguna untuk mencegah usaha kecil tersingkir dan tidak mempunyai lahan atau wilayah berusaha. Padahal justru usaha kecil ini yang perlu dikembangkan sehingga bisa menjadi lebih besar dan mempunnyai daya saing.
Contoh
dari UKM:
1. KUR
(Kredit Usaha Rakyat)
2.
Koperasi
3.
BUK (Badan Usaha Kredit)
·
Melindungi
lingkungan hidup sekitarnya.
Melakukan
bisnis atau usaha di Negara kita ini memiliki aturan, dan itu diharuskan.
Aturan tersebut antara lain adalah tujuannya untuk tidak merusak atau memberi
dampak negative kepada lingkungan hidup sekitar wilayah tempat usaha tersebut.Tidak dibenarkan
jika membuang limbah ke tempat yang dimanfaatkan oleh penduduk sekitar, seperti
sungai. Dengan adanya kebijakan ini, maka para pebisnis juga akan
meminimalisasikan dampak negative yang nantinya akan berimbas kepada penduduk
dan lingkungan hidup sekitarnya.
Contohnya
:
1. Mendaur
ulang sampah plastic menjadi cangkir, piring plastic, botol minuman, dll.
2.
Mendaur ulang minyak goreng menjadi
BIO – Diesel.
3.
Mendaur ulang kertas menjadi bingkai
foto, kartu nama, kartu undangan, dll.
·
Melindungi
konsumen.
Bisnis
yang baik adalah usaha bisnis yang mementingkan pelayanan kepada konsumen.
Konsumen adalah raja yang perlu dilindungi. Konsumen jangan sampai dirugikan
atau dikecewakan oleh karena mengkonsumsi jasa atau barang yang diproduksi dari
para pebisnis tersebut. Segala yang diberikan kepada konsumen haruslah yang
terbaik dan pelayannya pun harus prima. Jika konsumen merasa dilindungi dan
mendapatkan yang terbaik dari para pebisnis tersebut, konsumen tidak
segan-segan bekerja sama kembali.
·
Pendapatan
pemerintah.
Banyaknya
bisnis yang beroperasi di Negara kita ini tentunya juga memberikan keuntungan
bagi Negara kita juga. Bisnis yang beroperassi memiliki kewajiban untuk
membayar pajak kepada pemerintah. Inilah yang sering kita sebut dengan devisa.
Semakin banyak untung/laba yang diperoleh suatu uasaha bisnis, semakin besar
pula ia harus membayar pajak Negara demikian sebaliknya. Devisa yang diperoleh
tersebut digunakan lagi oleh pemerintah untuk melakukan pembangunan di
tiap-tiap wilayah di Negara kita ini. Namun sering terjadi penyelewengan
terhadap uang yang seharusnya menjadi hak rakyat ini ( korupsi )
Berdasarkan
Kegiatan nya Tujuan Kebijakan Bisnis yakni :
A.
Bisnis Ekstratif adalah bisnis yang
bergerak dalam jenis kegiatan pertambangan / menggalii bahan – bahan tambang yang
terkandung dalam perut bumi.
B. Bisnis
Agraris adalah bisnis yang bergerak di bidang pertanian (termasuk pula
pertanian, peternakan dan perunggasan), perkebunan serta kehutanan.
C. Bisnis
Industri adalah bisnis yang bergerak di bidang industri manufacturing, misalnya
indutri tekstil garmen, mesin-mesin, mebel, pesawat terbang, mobil, sepeda
motor, kapal laut maupun pabrik kertas, tapioca dan sebagainya.
D. Bisnis
Jasa adalah bisnis yang bergerak dalam bidang jasa yang menghasilkan
produk-produk yang tidak berujud seperti jasa pendidikan, kecantikan,
perbankan, kesehatan, penanggungan risiko, jasa pariwisata dan sebagainya.
D. Sistem Perekonomian
Sistem
perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk
mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun
organisasi di negara tersebut.
E. Sistem Perekonomian Pasar
Perekonomian
pasar bergantung pada konsep kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan
sebuah lingkungan produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang
mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang
diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-
permintaan (demand-supply).
F. Kesempatan Bisnis/ usaha
·
Penuhi
kebutuhan konsumen
|
·
Duplikasi
Usaha Lain
|
·
Jual
Keunikan
|
·
Usaha Bersama
|
·
Beri
Fasilitas Tambahan
|
·
Jalankan DS/MLM
|
·
Jual
keterampilan
|
·
Beli Waralaba
|
·
Jadi Agen
|
·
Beli Usaha Prospektif
|
·
Jual
Barang Second
|
·
Beli Usaha Sekarat
|
·
Buka
Kantor
|
·
Buka Lokasi
|
G. Unsur-unsur Penting dalam Aktivasi Ekonomi
§ Keinginan Manusia
Keinginan
Manusia merupakan unsur terpenting dalam aktivitas ekonomi karena manusia
memiliki keinginan yang membuat mereka dapat berpikir keras untuk memenuhi
keinginannya tersebut. Seperti keinginan untuk berhasil di bidang bisnis.
Manusia akan mencari cara agar pruduk yang mereka ciptakan dapat diterima
dengan baik oleh masyarakat.
§ Sumber Daya.
Sumber
daya merupakan hal terpenting ke dua dalam aktivitas ekonomi. Karena sumber
daya juga merupakan kunci dalam memperoleh kesuksesan dalam bidang ekonomi.
Contohnya saja seorang yang ingin memulai usaha warnet namun, ia tidak mengerti
tentang jaringan internet atau-pun komputer itu sendiri. Maka itu bias
menyebabkan ketidak nyamanan para pelanggannya ketika terjadi gangguan. Maka
seharusnya pemilik harus memiliki sumber daya manusia yang cukup.
§ Cara-cara
berproduksi (Tehniques Of Production).
Cara
pembuatan barang pada umumnya berada di luar bidang ekonomi, tetapi persoalan
barang-barang dan atau jasa-jasa apa yang harus di produksi, berapa banyak
barang atau jasa yang harus diproduksi dan cara-cara mana yang di gunakan untuk
memproduksi barang dan jasa tersebut sehingga mencapai pembiayaan yang minimal
dan hal tersebut adalah termasuk bidang ekonomi dan merupakan
pesoalan-persoalan yang harus diperhatikan oleh ahli-ahli ekonomi.
H.
Hakikat
Bisnis.
Hakikat
bisnis yang sesungguhnya adalah mementingkan orang lain. Ini bukan sekadar
konsep kemuliaan dan spiritualitas. Ini konsep bisnis. Bahkan bisnis itu
sendiri pada hakekatnya adalah spiritualitas. Bisnis yang sejati haruslah
dilandaskan pada spiritualitas dan akan menghasilkan tingkat spiritualitas yang
lebih tinggi, baik bagi pelaku maupun pelanggan. Orang yang melayani orang lain
dengan keahlian yang tinggi akan menjadi orang yang penting dan bernilai.
I.
Mengapa
belajar bisnis.
Bisnis
perlu dipelajari, karena peranan bisnis sangatlah penting dalam kehidupan
masyarakat. Melalui kegiatan bisnis, suatu perusahaan/badan dapat memenuhi
setiap kebutuhan (demand) dari konsumen yang beraneka ragam dan kemudian
skonsumen merasa terpuaskan.
Sumber :
http://dwiernawatisepti.blogspot.com/2011/11/pengertian-bisnis-dan-jenisnya.html
http://nabilasishma.blogspot.com/2011/10/pengertian-bisnis-dan-jenisnya.html
http://candygloria.wordpress.com/2010/10/18/ruang-lingkup-bisnis/
http://aisyahfajqodtul.blogspot.com/2012/01/jojoba.html
http://izyanakhaerani.wordpress.com/2011/11/29/ruang-lingkup-bisnis-bab-1/
http://nabilasishma.blogspot.com/2011/10/pengertian-bisnis-dan-jenisnya.html
http://candygloria.wordpress.com/2010/10/18/ruang-lingkup-bisnis/
http://aisyahfajqodtul.blogspot.com/2012/01/jojoba.html
http://izyanakhaerani.wordpress.com/2011/11/29/ruang-lingkup-bisnis-bab-1/
Comments
Post a Comment