Cara Mengatasi Kecanduan Gadget

Tips anak kecanduan gadget, seringkali Anda bingung menemukan cara yang tepat agar si kecil tidak melulu bermain gadget. Tak sedikit juga orangtua mengutarakan kekhawatirannya tentang anak mereka yang terlalu asik bermain gadget. Ditambah kehadiran ponsel pintar yang menawarkan fitur-fitur menarik untuk anak, malah membuat si kecil menjadi hobi bermain gadget.

Rata-rata anak jaman sekarang mendengarkan musik dari gadget selama 2,5 jam, 5 jam untuk nonton TV dan film, 3 jam main internet dan video games dan hanya 38 menit membaca dalam seharinya. Jika kegiatan ini terus-menerus dilakukan setiap harinya, kemungkinan besar anak akan kehilangan keterampilan sosial untuk berinteraksi dengan orang lain dan ia akan kehilangan kegembiraan saat bersama keluarga.

Kecenderungan anak yang selalu mengurung diri bermain gadget seharusnya diwaspadai sejak dini. Berikut tips anak kecanduan gadget yang bisa membantu Anda agar anak tidak kebablasan bermain dengan gadget kesayangan mereka.

Awasi dan batasi penggunaan gadget
Anda sebaiknya ikut memonitori dan memberikan batasan penggunaan gadget. Misalnya, saat berwisata atau makan malam bersama, seluruh anggota keluarga dilarang membawa gadget. Pastikan Anda konsisten melakukannya dan bersikaplah tegas. Jika Anda memiliki anak keras kepala yang menolak aturan tersebut, jelaskan konsekuensinya jika anak tidak mentaati aturan yang telah disepakati.

Alihkan perhatian anak dari gadget
Libatkan anak dalam aktivitas fisik di luar rumah, seperti bersepeda, bermain petak-umpet, atau berenang. Tentukan rencana dan tanggal agar anak bisa pergi ke taman bersama teman-temannya. Jika cuaca di luar tidak memungkinkan, Anda bisa bermain di rumah dengan melibatkan anggota keluarga, seperti bermain monopoli, bercerita, memasak, dan kegiatan lainnya.

Berdiskusi dengan anak
Mulailah dengan diskusi ringan dan terbuka dengan anak tentang batasan-batasan yang ditetapkan. Bila anak marah ketika Anda mengambil gadgetnya, jelaskan pada mereka alasan Anda membatasi waktu bermain gadget dan beri pemahaman tentang pentingnya bersikap bijak menggunakan gadget.
Tips anak kecanduan gadget di atas bisa Anda terapkan sedini mungkin. Pembatasan anak bermain gadget juga dilakukan demi kesehatan mereka. Pasalnya, banyak anak salah diagnosa menderita bipolar atau ADHD yang kadang diberi obat yang tidak perlu ketika penyebabnya adalah otak yang terus-menerus terpapar gadget. Lakukan pencegahan dini agar anak tidak terkena dampak negatif gadget

Tetapkan Aturan Penggunaan Gadget
Mengambil dengan paksa gadget anak bukan solusi mengatasi anak kecanduan gadget –tapi membatasi penggunaan gadget merupakan salah satu solusi terbaik. Untuk penggunaan smartphone/handphone, misalnya: anak anda boleh menggunakannya di sekolah (untuk keperluan komunikasi dengan orang tuanya), tapi di dalam rumah, pemakaian hanya boleh hingga sore hari. Untuk penggunaan gadget lain seperti laptop dan tablet, aturannya harus lebih ketat karena biasanya gadget-gadget ini digunakan untuk mencari data dan bermain game.

Sibukkan Anak dengan Kegiatan di Luar
Ketika anak kecanduan gadget, maka menyibukkan dia dengan aktivitas di luar rumah merupakan salah satu solusi yang krusial. Aktivitas di luar seperti mendaftarkan anak pada bimbingan belajar, les bahasa inggris, klub menari, dan klub karate, bisa mengalihkan perhatian anak dari menggunakan gadget secara berlebihan.

Interaksi Sosial Adalah Solusi Terbaik
Mendaftarkan anak pada bimbingan belajar atau klub-klub diatas juga behubungan dengan solusi berikutnya, yaitu: memperluas kehidupan sosial anak. Faktanya, interaksi sosial dengan teman sebaya adalah solusi krusial dan terbaik untuk mengatasi anak kecanduan gadget. Akan lebih baik lagi bila anda mengenalkan anak anda pada tetangga yang sebayanya ini juga bisa memperluas pergaulan sosial anak. Bila anak anda telah memiiki dan menganal tetangga sebayanya dengan baik, akan lebih mudah bagi anda untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget ke aktivitas outdoor seperti piknik.

Sediakan Buku/Games Edukasi di Rumah
Solusi krusial lain untuk mengatasi anak kecanduan gadget adalah meningkatkan ketertarikan anak pada buku atau majalah. Saat ini sudah tersedia banyak majalah dan buku anak-anak populer, dan masih banyak diantara buku-buku ini yang tidak bisa di-download via internet. Usahakan untuk terus meng-update buku-buku terbaru di rumah anda agar anak tidak cepat bosan –dan untuk menyimpan buku-buku ini, buatlah sebuah perpustakaan mini untuk anak.
Posted in bisnis bunda

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Laporan Keuangan Koperasi Dengan Perusahaan Konvensional

PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA

PROMOSI DAN MUTASI